Khasiat Bunga: Cengkeh

khasiat-dan-manfaat-cengkeh

Khasiat dan Manfaat Cengkeh   (Syzigium aromaticum)

Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari pulau Maluku. Tanaman cengkeh berasal dari “Empat Pulau Gunung Maluku” yaitu Ternate, Moti, Tidore, dan Makian. Cengkeh bukan merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di dataran tinggi dengan suhu yang sangat rendah. Itulah mengapa cengkeh tidak dapat tumbuh di negara-negara Eropa yang memiliki suhu yang sangat dingin pada musim-musim tertentu.

Manfaat cengkeh sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dari berbagai masakan seperti, sop konro, semur ayam, soto bening Banjar, dan masih banyak lagi. Selain digunakan sebagai bumbu masak, khasiat dan manfaat cengkeh yang lain adalah cengkeh juga digunakan sebagai obat tradisional. Ternyata khasiat dan manfaat cengkeh sangat beragam, masyarakat Eropa selain menggunakan cengkeh sebagai bumbu masakan dan obat tradisional, cengkeh juga dimanfaatkan untuk membuat wewangian, bahkan untuk mengawetkan bahan pangan alami.

Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik pada daerah-daerah beriklim tropis yang berada pada 20 LU hingga 20LS. Suhu yang diperlukan oleh tanaman cengkeh agar dapat tumbuh subur adalah 21 hingga 35 derajat Celcius dengan kondisi iklim yang cenderung lembab dan panas serta musim kemarau yang tidak terlalu panjang. Pohon cengkeh memiliki tinggi sampai 45 meter, percabangan banyak. Daun berhadapan, bentuk bulat telur sungsang sampai lonjong. Perbungaan berupa malai rata, tiap malai terdapat 3-20 bunga, warna hijau kekuningan. Buah buni berbentuk jorong sampai bulat telur sungsang, warna merah gelap, panjang 2-3 cm.

Khasiat dan manfaat cengkeh dapat diambil dari bagian : bunga dan daun

Kandungan kimia :

  • Kuncup bunga : minyak atsiri, kariofiliena, zat samak, lendir, lemak, asam oleanolat, eugenol, asetil eugenol, furfural, eugenin, eugenitin, isoeugenitol, kariofilin dan malam
  • Daun : minyak atsiri

Dosis :

  • Untuk pemakaian didalam : 5-10 butir cengkih atau 30-60 daun cengkih, direbus dengan air hingga mendidih lalu disaring dan diminum airnya.
  • Untuk pemakaian diluar : daun, bunga cengkih dibuat serbuk, minyak atau salep lalu digosokan pada bagian yang sakit

Ramuan dan Takaran :

Khasiat dan manfaat cengkeh yang dapat diambil berupa ramuan untuk beberapa penyakit berikut:

  1. Rematik : cengkeh di buat minyak atau salep lalu di gosokkan pada bagian yang sakit.
  2. Sakit gigi : Cengkih 10 butir – Cengkih disangrai sampai hangus kemudian giling halus Masukan ramuan tersebut pada lubang gigi secukupnya, lalu tutup dengan kapas, lakukan 2 x sehari.
  3. Sinusitis : Cengkeh secukupnya, Cengkeh di keringkan, Lalu di giling sampai menjadi bubuk.Tiupkan bubuk cengkih tersebut ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.
  4. Suara serak : cengkeh di buat minyak atau salep lalu di gosokkan pada bagian yang sakit.
  5. TBC : 5 butir cengkih + 10gr sambiloto kering + 5gr daun saga kering + 5gr daun belimbing wuluh kering, rebus dengan dua gelas air jadi 1 gelas, tambah madu secukupnya minum 2x sehari

Catatan :

  1. Cengkih ada 4 macam : Cengkih, Cengkih kecil, Cengkih hutan, Cengkih raja
  2. Perhatian : walaupun memiliki khasiat dan manfaat yang banyak cengkeh tidak dianjurkan bagi penderita mual muntah serta diare dengan sindrom panas pada limpa dan lambung, herbal ini juga tidak cocok di formulasi dengan kunyit.
Penelitian :
  • Tri Suharni, Lab. Mikrobiologi, FB UGM

Melakukan penelitian pengaruh pemberian minyak cengkih terhadap pertumbuhan AspergilusSp. Penghasil aflatoksin. Hasil penelitian : ternyata minyak cengkih pada kadar  200 ppm/10 cc, dapat menghambat pertumbuhan Aspergilus Sp, dan pembentukan aflatoksin.

Baca juga khasiat dan manfaat: buah, sayuran, cempaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.