Khasiat Bunga: Mawar

Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar  (Rosa)

Siapa yang tak mengenal bunga mawar. Bunga ini seringkali dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang cantik dan baunya yang harum. Akan tetapi bukan hanya cantik dan berbau harum, ternyata ada khasiat dan manfaat bunga mawar untuk dijadikan obat herbal untuk beberapa penyakit.

Lanjutkan membaca “Khasiat Bunga: Mawar”

Khasiat Bunga: Matahari

Khasiat Dan Manfaat Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Tak hanya cantik namun khasiat dan manfaat bunga matahari untuk kesehatan tidaklah sedikit. Sebelum membahas khasiat dan manfaat bunga matahari akan kita uraikan secara singkat mengenai tanaman ini. Tanaman bunga Matahari ditanam di kawasan pegunungan dengan kelembaban yang cukup dan banyak memperoleh sinar matahari secara langsung. Tanaman berbatang basah ini biasanya tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.Karena bentuknya yang indah, bunga ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Seiring dengan kesadaran masyarakat akan banyaknya khasiat dan manfaat bunga matahari yang dihasilkannya, maka sebagian orang sudah mulai memanfaatkannya untuk pengobatan.

Lanjutkan membaca “Khasiat Bunga: Matahari”

Khasiat Bunga: Cengkeh

Khasiat dan Manfaat Cengkeh   (Syzigium aromaticum)

Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari pulau Maluku. Tanaman cengkeh berasal dari “Empat Pulau Gunung Maluku” yaitu Ternate, Moti, Tidore, dan Makian. Cengkeh bukan merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di dataran tinggi dengan suhu yang sangat rendah. Itulah mengapa cengkeh tidak dapat tumbuh di negara-negara Eropa yang memiliki suhu yang sangat dingin pada musim-musim tertentu.

Lanjutkan membaca “Khasiat Bunga: Cengkeh”

Khasiat Bunga: Cempaka

Khasiat dan Manfaat Bunga Cempaka Putih (Michelia Alba) dan Cempaka Kuning (Michelia Champaca)

Bunga Cempaka adalah bunga cantik yang dapat memperindah halaman rumah. Sayangnya banyak manfaat bunga cempaka yang belum dieksplorasi oleh masyarakat. Kebanyakan orang didaerah bahkan memanfaatkannya hanya untuk acara-acara spiritual dan tradisi.

Tumbuhan bunga cempaka berupa pohon, tinggi sampai 30 m. batang berkayu, daun tunggal, bulat telur, warna hijau. Bunga warna putih, bau harum, tidak pernah berbuah. Diperbanyak dengan stek.

Cempaka ada dua jenis, yaitu cempaka putih dan cempaka kuning.

Cempaka kuning berasal dari India , disana kayunya digunakan untuk mebel, bangunan rumah, dan sebagainya. Di Jawa juga dibudidayakan, akan tetapi kayunya jarang digunakan, mengingat adanya bunga, bunganya digunakan untuk pembuatan minyak rambut.

  1. Cempaka Putih (Michelia alba)

Bagian cempaka putih yang di gunakan : bunga, daun dan akar

Kandungan kimia Cempaka Putih : alkaloid mikelarbina dan liriodenina, bunga mengandung minyak atsiri

Manfaat Bunga Cempaka Putih dari Sifat kimiawi dan efek farmakologi:

  • Alkaloid : zat organik yang berguna untuk menghasilkan xeronine untuk mengaktifkan enzim- enzim dan mengatur pembentukan protein. Digunakan untuk berbagai penyakit degeneratif  seperti kanker dan juga berfungsi sedative ( baik bagi penderita insomnia).
  • Minyak atsiri : bersifat anti bekteri, dan anti septik, mengurangi gerak usus yang kuat hingga mampu mencegah diare. Selain itu bisa meredam batuk dan anti kejang, serta antiradang.

2. Cempaka Kuning (Michelia champaca)

Bagian cempaka kuning yang digunakan : kulit batang, daun, dan bunga

Kandungan Kimia Cempaka Kuning :

  • Kulit dan daun : alkaloida dan zat samak
  • Kulit kayu : damar, resin dan tanin
  • Biji : palmitin, oleie, damar, dan asam damar
  • Bunga : minyak terbang (atsiri) : cheraniol, linalol, methyleugenol, eugenol isoeugenol.

Manfaat Bunga Cempaka Kuning dari Sifat kimiawi dan efek Farmakologi:

  • Alkaloid : zat organik yang berguna untuk menghasilkan xeronine untuk mengaktifkan enzim- enzim dan mengatur pembentukan protein, digunakan untuk berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker, berfungsi sedative ( baik bagi penderita insomnia).
  • Minyak atsiri : bersifat anti bekteri, dan anti septik, mengurangi gerak usus yang kuat hingga mampu mencegah diare. Selain itu bisa meredam batuk dan anti kejang, serta antiradang
  • Resin : minyak esensial berkhasiat antiseptic, antifungal, antiinflamasi, antialergi
  • Tanin : banyak digunakan untuk keputihan , peradangan , melangsingkan tubuh, antiseptic mencegah kerusakan gigi, gusi dan plak

 

Dosis pemakaian

Cempaka Putih:

  • Dalam: 15-30 gr daun atau bunga kering, rebus minum.
  • Luar: bunga rebus airnya untuk mandi.

Cempaka Kuning:

  • Dalam : 15 – 60g daun atau kulit batang rebus, airnya diminum
  • Luar : daun secukupnya cuci bersih, gosokan pada bagian yang sakit

Ramuan dan Takaran :

Untuk mengambil manfaat bunga cempaka kita dapat meramunya untuk beberapa penyakit sebagai berikut:

  1. Bronchitis : 6 kuntum cempaka putih rebus dengan air 110 ml sampai mendidih, minum 2x sehari, bila perlu tambah madu. Ulang selama 14 hari
  2. Batuk rejan pada anak : 5-7 kuntum bunga cempaka putih + 10 gr jahe + 10 gr kulit jeruk mandarin kering, rebus dengan 600cc air hingga sisa 300 cc, tambahkan 30 cc madu, aduk minum 2x sehari 150cc
  3. Bau badan : 30gr cempaka putih + gula batu secukupnya rebus dengan air minum
  4. Dada terasa penuh : 6-15 gr cempaka putih rebus dengan 500 cc air sisa 200 cc, minum selagi hangat.
  5. Demam : 2 sdm serbuk kulit kayu cempaka putih, seduh dengan 100 cc air minum 2x sehari
  6. Haid tidak teratur : 3 jari kulit akar + 15g umbi rumput teki, cuci tumbuk, rebus dengan 500 cc air, hingga sisa 250 cc, tambah garam sedikit, biarkan dingin, saring minum airnya
  7. Keputihan : 5 gr bunga cenpaka + 5 gr daun beluntas + 1 jari kunyit + 1 tanaman tapak liman, rebus dengan 110 cc air hingga mendidih, minunm 2x sehari pagi sore, ulangi selama 14 hari
  8. Keputihan : 10 kuntum bunga cempaka kuning + 30g sambiloto + 30g kulit delima kering, cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air,. Hingga sisa 2 gelas air, biarkan dingin, saring bagi dua, minum airnya 2x sehari, sekali minum 1 gelas.
  9. Kencing nanah : 18 kuntum bunga cempaka kuning + 2 tangkai bunga kelapa + 30g sambiloto, rebus dengan 4 gelas air kelapa muda, sisakan jadi 2 gelas, setelah dingin saring, minum 2x sehari, sekali minum 1 gelas.
  10. Kepala pusing : 5-7 kuntum bunga cempaka putih rebus dengan 500 cc air sisa 200 cc, minum selagi hangat
  11. Manambah nafsu makan : 50g kulit pohon bunga cempaka kuning, kemudian keringkan, lalu tumbuk halus + 20g asam jawa + gula merah secukupnya, rebus dengan 1,5 liter air, saring ambil airnya, lalu minum 1x sehari, sekali minum 1 gelas.
  12. Perut mual dan kembung : 5 kuntum bunga cempaka putih + 5 gr kulit jeruk mandarin kering + 3 butir kapulaga + 15gr jahe + rebus dengan 700cc air sisa 300cc, minum selagi hangat.
  13. Pembesaran prostate : 30gr daun cempaka putih + 30gr kumis kucing + 30gr ciplukan, rebus dengan 700cc sisa 300cc minum selagi hangat
  14. Radang Sinusitis : 30 gr cempaka putih + 30 gr daun mint/menthol + 15 gr jahe + 2 batang daun.
  15. Rematik : 8 lembar daun cempaka kuning + 5 buah belimbing wuluh + 15 butir cengkih + 15 butir lada hitam + 15 g jahe merah, cuci tumbuk halus, remas dengan 40 cc air jeruk nipis dan 20 cc minyak kayu putih, kemudian gosokan pada bagian yang sakit.
Catatan Kontraindikasi Cempaka Kuning :
  • Hindari penggunaan pada wanita hamil

Hindari penggunaan pada kasus defisiensi limpa

Baca juga khasiat: buah dan sayuran