Khasiat Buah: Asam Jawa

khasiat-manfaat-asam jawa

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa (Tamarindus Indica L.)

Uraian tanaman:

Ditanam sebagai tanaman perindang ditepi jalan. Tanaman berupa pohon, tinggi dapat mencapai 20 meter. Batang berkayu dan bercabang-cabang. Daun mejemuk menyirip genap. Setiap daun terdiri lebih dari 10 pasang anak daun, yang duduk berhadapan. Tiap anak daun berbentuk bulat telur, warna hijau. Perbungaan berbentuk tandan, keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan, setiap tandan terdiri atas beberapa bunga berwarna kuning. Bunga polong, warna kulit coklat, daging buah warna kuning sampai coklat kekuningan. Asam berbuah sepanjang tahun.

Kandungan kimiawi & Efek farmakologi:

  • Asam tartrat, Asam malat, Asam sitrat, Asam suksinat,  Asam asetat: memperlancar BAB, memperlancar peredaran darah, mendinginkan
  • Pektin: menurunkan kolesterol melalui mekanisme pengikatan kolesterol dan asam empedu kemudian mendorong dan mengeluarkannya dari saluran pencernaan.
  • Flavonoid: memperlancar BAB, penghilang rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat
  • Tanin : antiseptik
  • Pro vitamin A: merupakan anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Jika tubuh perlu vitamin.A maka pro vitamin A/beta karotin di hati akan diubah menjadi vitamin.A
  • Vitamin C: dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang). Pengangkut lemak, pengangkut electron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, pemicu sistem kekebalan tubuh
  • Vitamin C untuk anti oksidan, membantu mencegah berbagai macam jenis kanker : kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas, payudara, juga mengurangi radikal bebas pemicu kanker.
  • Vitamin C: dapat mengurangi resiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat penuaan, memperbaharui sel darah putih
  • Vitamin C: sangat sensual untuk membentuk sperma, kekurangan vitamin C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, perbaikan membutuhkan waktu satu bulan dengan meningkatkan vitamin C sebanyak 500 mg,kualitas dan kuantitas sperma serta aktifitasnya dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C.
  • Vitamin C: dapat mengurangi resiko pada perokok pasif. Resiko perokok pasif adalah kerusakan sel yang bias menyebabkan kanker atau penyakit pernafasan lain
  • Kalsium: mengisi kepadatan tulang, pembentukan gigi, membentuk bekuan darah, transmisi saraf, stabilitas asam-basa (pH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air.
  • Kalium/potasium: memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh, juga berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi, sintetis glikogen, dan protein.

Dosis pemakaian:

  • Dalam: 15-30 gram rebus buah matang tanpa biji
  • Luar: daun, biji, atau buah asam, rebus gunakan hasil rebusan untuk membasuh luka. Atau daun yang muda giling halus atau di jadikan bubuk borehkan pada tempat yang sakit: borok, sakit pinggang, dan linu persendian

Ramuan dan takaran :

  1. Asma: 2 potong kulit pohon asam jawa + 1sdt adas + 1 jari kayu pulosari, rebus dengan 1000cc air sisa 2 gelas air, saring minum 2x sehari.
  2. Batuk kering: 2 gelas daun asam + 2 gelas daun saga + 5cm kayu manis cina, cuci rebus dengan 3 gelas air. Minum siang hari sebagai pengganti air minum biasa, ulangi sampai beberapa hari.
  3. Bengkak persendian: daun asam segar secukupnya cuci tumbuk sampai jadi seperti bubur, lalu borehkan ditempat yang sakit.
  4. Bengkak terpukul: daun asam muda secukupnya + 1 jari kunyit, giling halus seduh dengan sedikit air panas, lalu pakai untuk memborehi bagian yang sakit
  5. Bengkak disengat lebah atau lipan: 5 biji asam jawa/klungsu + minyak kayu putih secukupnya, tumbuk halus klungsu, bagian yang bengkak cuci dengan minyak kayu putih, lalu taburi dengan bubuk biji asam jawa.

Catatan :

  • Wanita hamil dilarang makan daging buah asam yang sudah tua
  • Membuat madu asam: jemur asam kawak secukupnya dalam wadah/bejana tertutup, sampai keluar cairan kental warna coklat kehitaman, madu asan ini bisa untuk mengobati sariawan.

baca juga khasiat buah: Alpukat, Anggur, Apel, Belimbing Manis

2 thoughts on “Khasiat Buah: Asam Jawa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.