Khasiat Buah: Apel

Apel kaya akan vitamin dan mineral, dan banyak mengandung zat gizi, energi, lemak, protein, karbohidrat, Vit A, Thiamin, riboflavin, niacin, Vit C, Vit B1, Vit B2, kalsium, zat besi, fosfor, potassium (kalium), karoten, pectin, boron, tannin, flavonoid, asam elagat, asam kafeat, glutation, asam klorogenat.

khasiat-manfaat-buah-apel

This post is also available in:

English

Khasiat dan Manfaat Buah Apel       (Malus domestica)

Uraian tanaman Apel:

Apel bukan tanaman asli Indonesia, tetapi buahnya sangat digemari oleh masyarakat kita. Umumnya dikonsumsi sebagai buah segar. Apel merupakan pohon yang berganti daun dan bisa mencapai ketinggian 5 meter. Buahnya bulat dengan                 diameter 60-100mm, bagian luar warna merah, kuning atau hijau pucat dengan lapisan lilin. Daging buahnya tebal dan mengandung banyak jus, bisa renyah atau lembut dan bertepung dengan bau harum dan rasa manis. Ditengahnya terdapat banyak biji, rasa bijinya manis agak asam, sifatnya tidak panas ataupun dingin, dan tanpa mengandung racun.

Deskripsi:

Habitus perdu, tinggi 3-5 m. Batang berkayu, bulat bercabang, putih kehijauan. Daun tunggal, bulat telur, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, berbulu berseling, diujung cabang panjang 3-15cm, lebar 2-6cm, pertulangan menyirip hijau. Bunga majemuk, bentuk malai diujung cabang, kelopak hijau berbulu berbagi lima, benang sari banyak putih kepala sari kuning kecoklatan, putik satu putih kekuningan, putih. Buah bulat ujung dan pangkal berlekuk, hijau keunguan. Biji kecil pipih coklat kehitaman. Akar tunggang putih kecoklatan.

Kandungan kimiawi dan efek farmakologi:

Apel kaya akan vitamin dan mineral, dan banyak mengandung zat gizi, energi, lemak, protein, karbohidrat, Vit A, Thiamin, riboflavin, niacin, Vit C, Vit B1, Vit B2, kalsium, zat besi, fosfor, potassium (kalium), karoten, pectin, boron, tannin, flavonoid, asam elagat, asam kafeat, glutation, asam klorogenat.

  • Kaya vitamin: Beberapa vitamin yang terkandung misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, Vitamin C
  • Kaya mineral: antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  • Fitokimia: Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  • Kaya Serat: Baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat. Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol. Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
  • Tanin: Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi, mencegah kerusakan gigi, gusi dan plak.
  • Boron: Apakah boron itu? Boron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita. Membantu mempertahankan kadar estrogen dalam tubuh wanita saat menopause, mengurangi nyeri, depresi, penyakit jantung dan osteoporosis
  • Flavoid: Salah satu kandungan yang baik untuk mencegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.
  • Asam D-glucaric: Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Quercetin: Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit.
  • Asam tartar:  Asam tartar dapat menyehatkan saluran pencernaan. Zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.

 

Dosis Pemakaian:

Pemakaian dalam:

  • 1-4 buah apel segar dimakan
  • 1-2 sdm cuka apel

Pemakaian luar: secukupnya buat masker

Ramuan dan Takaran:

  1. Alopecia/kerontokan rambut: apel 1 buah + bawang merah 1 siung + bawang putih 1 siung + wortel 100gr + seledri 1 batang + air 100ml, semua bahan dijus minum 2x sehari.
  2. Ambeien: 2sdm cuka apel + 150 ml air matang minum 3x sehari setelah makan
  3. Anemia: apel 300gr + bayam 125gr + air secukupnya, semua di jus, minum 1x sehari.
  4. Antiaging/mencegah penuaan dini: apel 1 buah + anggur hijau 100gr + seledri 1 batang + air 50ml, semua dijus minum 2x sehari.
  5. Anti kanker: apel 100gr + batang seledri 50gr + kembang kol 100gr + brokoli 100gr, semua bahan di jus minum 2x sehari.

Manfaat lainnya: cuka apel bisa untuk salad dressing, seperti acar dan penyedap masakan. Dapat juga diminum layaknya minuman kesegaran, disajikan panas/dingin dgn atau tanpa madu, spt halnya minum kopi/teh.

Catatan:

Baik dikonsumsi dengan kulitnya

Apel impor biasanya dilapisi lilin (wax) pada kulitnya agar:

  1. Menutupi pori-pori kulit buah untuk menghambat laju respirasi, sehingga memperpanjang umur simpan
  2. Bila digosok dengan lap kering akan timbul warna mengkilap, sehingga memberi kesan bersih dan segar

Cara menghilangkan lapisan lilin:

  1. Celupkan sebentar kedalam air hangat agar lapisan lilinnya mencair. Kemudian gosok dengan lap kering hingga bersih
  2. Rendam dalam larutan sabun cair yang memang untuk makanan. Setelah itu gosok hingga bersih

Tips cara membuat aneka olahan apel untuk obat:

  1. Bubuk kering: buah apel mentah, potong persegi dan keringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering, giling sampai jadi tepung dan diayak.
  2. Tonik: 1 kg buah apel segar buang kulitnya, ambil bagian tengah dan potong kecil-kecil. Tambah ½ kg madu dan sedikit air. Kukus dalam wadah tertutup sampai lunak. Tonik ini bisa disimpan dan digunakan sewaktu-waktu.
  3. Cuka apel: buah apel yang sudah masak cuci potong tipis, masukan kedalam panci isi air rebus hingga mendidih. Setelah mendidih api dikecilkan, lalu masukan gula pasir kedalamnya. Diamkan 30-40 menit kemudian angkat saring airnya, masukan kedalam botol tutup rapat. Kemudian tambahkan yeast, tutup kembali agar proses fermantasi terjadi tunggu 1-2 minggu. Kemudian ganti tutup botol dengan kain kasa agar terjadi fermentasi anaerob. Fermentasi lagi selama 2 minggu agar pH asam 3-4 semakin lama semakin baik. Setelah itu lakukan pasteurisasi, baru siap dikonsumsi.

This post is also available in:

English

Satu tanggapan pada “Khasiat Buah: Apel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.